Inilah Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin

Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin -Mengendarai mobil di daerah perkotaan yang memiliki kepadatan penduduk tinggi serta pepohonan yang minim seperti Jakarta akan membuat pengendara mobil akan terasa dipanggang jika tidak menggunakan AC. Apalagi ketika sedang terjadi kemacetan, tentunya siapa saja akan tidak betah berlama-lama didalam mobil tanpa adanya pendingin. Bahkan mobil yang sudah ada AC-nya sekalipun, tak sedikit yang mengeluhkan kepanasan. Hal tersebut disebabkan karena AC pada mobil tersebut tidak dingin. Penyebab AC mobil tidak dingin ini bermacam-macam , untuk itu simak beberapa hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin berikut ini:
Inilah Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin

Penyebab Ac Mobil Tidak Dingin 

Belt Putus
Jika belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC putus, jelas saja AC mobil tidak dingin. Kompresor AC berfungsi untuk memberikan tekanan, sehingga Freon didalam sistem bisa bersirkulasi. Jika belt putus, tentu putaran mesin tidak bisa diteruskan ke kompresor AC akibatnya kompresor Ac tidak berputar.

Kompresor AC Bermasalah
Jika belt kompresor tidak putus namun tidak terjadi sirkulasi Freon didalam sistem AC maka penyebabnya kompresornya yang bermasalah. Permasalah pada kompresor AC ini bermacam-macam seperti magnetic clutch rusak, kelebihan oli pelumas, dan lainya. Untuk permasalah ini sebaiknya anda bawa ke bengkel AC terdekat.

Freon Habis / kurang
Freon pada sistem AC berfungsi untuk menyerap panas dan membuangnya melalui kondensor. Berkurangnya Freon ini bisa disebabkan karena kebocoran didalam sistem. Untuk itu periksalah pipa pipa yang digunakan untuk jalur Freon baik yang menuju kompresor atau ke komponen lain.

Kondensor Kotor
Kondensor ini bentuknya mirip dengan radiator yang memiliki sirip-sirip pendingin. Fungsinya untuk menyerap panas dan membuangnya ke udara. Jika kondensor AC kotor,menyebabkan panas didalam kabin mobil tidak diserap secara optimal akibatnya AC mobil terasa tidak dingin.

Blower AC mati atau putaranya lemah
Blower AC ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin ke kabin mobil. Jika blower Ac putaranya lemah atau bahkan mati maka udara dingin tidak dihembuskan secara optimal yang menyebabkan AC mobil terasa tidak dingin.

Itulah beberapa penyebab Ac mobil tidak dingin, nah jika anda tidak tau bagaimana cara mengeceknya mungkin lebih baik dibawa ke bengkel AC mobil terdekat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel