Pasang Body Kit di All New Avanza, Pilih Plastik Atau Fiber?

Body kit merupakan aksesoris yang digunakan untuk memodifikasi body mobil agar terlihat lebih sporty. Aksesoris ini biasanya dijual dalam satu paket yang terdiri dari sidekirt bawah bagian kanan dan kiri serta bumper depan dan belakang. Salah satu jenis mobil yang kerap dipasangi body kit akhir-akhir ini adalah All new avanza. Berikut ini adlah foto all new avanza yang telah dipasangi body kit.
Pasang Body Kit di All New Avanza
Body Kit di All New Avanza

Saat ini body kit yang dijual dipasaran terdiri dari 2 jenis yakni yang berbahan plastik dan berbahan fiber. Memang body kit yang berbahan fiber lebih banyak dijumpai ketimbang yang berbahan plastik. Kendati demikian akhir-akhir ini para pencari body kit berbahan plastik mulai banyak. Sebenarnya ada satu bahan lagi yang digunakan untuk membuat body kit yakni polyurethane atau yang biasa di singkat PU. Namun untuk body kit berbahan PU harganya jauh lebih mahal dibanding kedua bahan lainya, sehinga hanya kalangan tertentu saja yang biasa mengaplikasikan body kit berbagan PU pada mobilnya. Jika anda salah satu pemilik All New Avanza ingin memasang body kit namun bingung untuk memilih body kit berbahan plastik atau fiber, mungkin kelebihan dan kekurangan dari keduanya berikut ini bisa membantu.

Body kit berbahan fiber memiliki kelebihan pada proses pembetukanya yang lebih mudah, cetakan yang digunakan tidak memerlukan cetakan khusus sehingga harganya lebih murah dibanding yang berbahan plastic. Selain itu apabila ada cacat saat produksi masih bisa diperbaiki lagi. Namun jenis ini juga memiliki kekurangan yakni permukaanya yang kurang durable dan jika terjadi benturan akan langsung pecah. Usianyapun tak tahan lama, biasanya akan timbul pecah-pecah jika sudah lama. Sedangkan untuk body kit berbahan plastik tentunya akan lebih tahan terhadap benturan, cat yang menempel akan tahan lebih lama dan memiliki appearance lebih bagus. Namun untuk membuat cetakanya memang lebih mahal selain waktu pengerjaanya yang lama. Oleh karena itu pembuatanyapun harus dalam kuantitas yang besar. Untuk harga memang tidak terlampau jauh, namun memang lebih murah untuk berbahan fiber. Harga Body kit berbahan fiber berkisar Rp 1,5 hingga Rp 2 juta sedangkan untuk yang berbahan plastik antara Rp 2,5 hingga 3 juta.

Jadi kesimpulanya jika anda ingin memasang body kit di All New Avanza atau mobil lainya, jika ingin menggunakan desain yang eksklusif pilihlah yang berbahan fiber, karena jenis ini bisa diproduksi dalam skala kecil mengingat cetakanya yang murah dan mudah. Namun jika anda lebih memperhatikan kualitasnya, body kit berbahan plastik lebih bisa diandalkan ketimbang jenis fiber.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel