Yamaha Vixion Pakai Premium Atau Pertamax?

Yamaha Vixion adalah sepeda motor besutan produsen berlogo garputala Yamaha yang berkapasitas 150 Cc. Tidak bisa dipungkiri lagi Yamaha Vixion adalah raja di kelas motor sport 150 cc. Meskipun banyak produsen lain yang mencoba menggoyahkan Yamaha vixion dari singgah sana, tetap saja penjualanya tinggi di Indonesia. Dengan sistem bahan bakar yang memakai injeksi motor sport ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Ngomong-ngomong masalah bahan bakar, bahan bakar apasih yang paling cocok untuk Yamaha Vixion.

Yamaha Vixion pakai  premium atau pertamax, mungkin itu pertanyaan yang kerap muncul dari kalangan pengguna vixion. Nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita bahas dulu mengenai perbedaan dari pertamax dan premium. Hal yang membedakan dari kedua jenis bahan bakar tersebut adalah nilai oktanya. Apasih nilai oktan? Nilai oktan adalah nilai yang menunjukan tingkat ketahanan k bahan bakar terhadap suhu dan tekanan. Jadi semakin tinggi nilai oktan maka bahan bakar tersebut memiliki ketahaanan terhadap suhu dan tekanan yang semakin tinggi juga. Pertamax mempunyai niai oktan 92, pertamax plus mempunyai nilai oktan 95 sedangkan premium hanya 88. 

Setiap sepeda motor mempunyai perbandingan kompresi sendiri-sendiri. Perbandingan kompresi adalah perbandingan antara volume silinder (saat piston berada di TMB) dan volume ruang bakar (saat piston berada di TMA). Nah perbandingan kompresi ini sangat berpengaruh pada jenis bahan bakar yang digunakan. Semakin tinggi perbandingan kompresi maka juga dibutuhkan bahan bakar yang mempunyai nilai oktan yang semakin tinggi pula. Pada sepeda motor vixion mempunyai perbandingan kompresi 10, 4 : 1. Lalu bahan bakar apa yang cocok untuk Yamaha Vixion? Lihat listnya berikut ini:
  • Premium (oktan 88) = perbandingan kompresi 7:1 hingga 9:1
  • Pertamax (oktan 92) = Perbandingan kompresi 9:1 hingga 10:1
  • Pertamax Plus (oktan 95) = Perbandingan kompresi 10:1 hingga 11:1
Nah kini sudah jelaskan bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion? Namun sebenarnya pakai pertamax juga hasil pembakaranya sudah bagus. Untuk sepeda motor lain silahkan disesuaikan sendiri antara perbandingan kompresinya dan nilai oktan tersebut.

Lalu apa dampaknya jika sepeda motor dengan perbandingan kompresi tinggi tapi diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah? Ambil saja kasusnya misal Vixion pakai premium. Tentunya karena kompresi tinggi tapi diisi bahan bakar dengan nilai oktan rendah maka bahan bakar tersebut akan terbakar lebih awal karena tidak mampu menahan tekanan kompresi atau yang dikenal dengan pre ignition. Nah pre ignition ini akan menimbulkan knocking yang berpotensi merusak beberapa komponen. Jadi mulailah bijak dalam memilih bahan bakar untuk sepeda motor anda. Lebih baik mahal dikit tapi mendapatkan hasil yang lebih optimal dan komponen-komponen mesin lebih awet.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel